BENIH UNGGUL KAYUPUTIH DI PAMERAN INOVASI ANAK NEGERI

ADMIN | Rabu , 9-Okt-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 09/10/2019)_Untuk kesekian kalinya, benih unggul kayuputih kembali mengikuti pameran tingkat nasional, yaitu di event Pameran Startup Teknologi dan Inovator Inovasi Indonesia Anak Negeri - I3E yang diselenggarakan pada tanggal 3-6 Oktober 2019 di Hall B Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan Jakarta.

Pameran ini diselenggarakan oleh Kemenristekdikti sebagai media untuk menampilkan kreasi inovasi anak bangsa dalam bidang Bahan Baku, Material Maju, Kesehatan dan Obat, Pangan, Transportasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Energi. Pameran ini diikuti oleh 400 peserta Startup Teknologi dan Inovasi Industri dari seluruh Indonesia, dan dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ak., M.Si, Ph.D.

Dalam sambutannya, M. Nasir menyampaikan bahwa Kemenristekdikti sejak tahun 2015 telah melaksanakan program pengembangan wirausaha rintisan berbasis teknologi dan hasil lemlitbang yang dimanfaatkan industri. Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti dalam 5 tahun terakhir telah melakukan pembinaan dan pengembangan startup teknologi yang berasal dari perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan pengembangan industri serta masyarakat umum.

Benih unggul kayuputih selama 3 tahun terakhir ini, telah menerima dana hibah kompetitif dari program Hilirisasi Industri, guna mendorong percepatan pemanfaatan benih unggul oleh industri. Mengingat bahwa Indonesia masih mengandalkan impor minyak subtitusi untuk menutup kekurangan bahan baku minyak kayuputih bagi industri dalam negeri, maka percepatan pemanfaatan benih unggul ini menjadi sangat penting.

“Meskipun kayuputih adalah jenis asli Indonesia, namun produksi minyak kayuputih dalam negeri hanya mampu mencukupi 20 % kebutuhan industri, sisanya harus mengimpor minyak substitusi, yaitu minyak ekaliptus dengan nilai lebih dari Rp. 1 trilyun setiap tahunnya,” ungkap Dr. Anto Rimbawanto, Peneliti Ahli Utama Balai Besar Litbang BPTH. Pengembangan kebun kayuputih dengan benih unggul adalah solusi untuk menjadikan Indonesia swasembada minyak kayuputih.

“Keikutsertaan para peneliti kayuputih dalam pameran semacam ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengedukasi pengunjung, memperluas jejaring dengan para pengguna minyak kayuputih, dan membuka peluang untuk kerjasama dan investasi,” tambah Anto.***(AR).

 

Dokumentasi     : Tim Kayuputih Balai Besar Litbang BPTH

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal          : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index